15 cara berpikir orang sukses

Artikel ini merupakan artikel terjemahan dari lifehack.org

My sister requested me to translate it to Bahasa so i translate it with my own interpretation.  Here we go 

Sukses bukan berarti tidak pernah gagal ya .. Sukses itu lebih pada keberanian kita untuk selalu bangkit setiap kali kita mengalami kegagalan.. So this is a few tips from lifehack… i think this is cool.. so i have to share this …

15 cara berpikir orang sukses :

1. Tetap Fokus

     Bagaimana kita menghabiskan waktu kita seharian selama 24 jam? apakah kita sudah merencanakan apa saja yang harus terlaksana pada hari ini ataukah ya biarlah mengalir saja apa yang harus terjadi hari ini (the last one is truly me ^.^v ). orang yang sukses selalu fokus terhadap apa yang dikerjakannya . Orang sukses akan selalu memiliki rencana apa saja yang harus dilakukan dan tidak akan melakukan hal yang lain selama target mereka hari ini selesai atau tercapai .. SO WE MUST LEARN TO FOCUS fellas ^.^v

2. Membuat daftar apa saja yang harus kita kerjakan hari ini.

    Suatu proyek yang kita kerjakan kadang tidak bisa selesai dalam satu hari saja . Ada baiknya kita menyusun skala priopritas pada apa saja yang kita kerjakan. Tidak usah terlalu panjang / be never-ending-to-do-list… cukup cantumkan 3 atau 5 item hal yang harus kita lalukan pada satu proyek. Setelah 3 atau 5 item itu selesai kita kerjakan dalam satu hari, kita membuat kemajuan dan kita dapat melanjutkan mengerjakan hal ataupun proyek yang lain

3. Membicarakan ide dengan orang lain 

    Karena kita menganggap ide kita sangat baik, kita jadi memendam ide kita sendiri dan tidak mau membicarakannya dengan orang lain. TPadahal belum tentu ide kita itu sempurna kan? ada baiknya apabila kita memiliki ide , kita bicarakan atau share dengan orang satu team atau mentor kita, dengan membicarakan ide, kita akan mendapatkan umpan balik dari pendapat mereka tentang ide kita. Dan kadang kadang sesuatu yang belum terpikirkan bisa muncul mengenai ide kita tersebut. IF YOU HAVE IDEA ..SHARE IT 

4. Aturan 80/20

     Familiar dengan term 80/20… yeah .. itu adalah aturan Pareto. Aturan Pareto mengatakan bahwa 80% dari hasil anda ditentukan dari 20% usaha anda . Jadi indentifikasi 20% itu dan berusahalah sebaik mungkin ..

5. Belajar dalam pikiran yang tenang dan jernih 

    Berilah waktu untuk dirimu rileks , menenangkan pikiran diantara hiruk pikuk pekerjaan , bisa dengan meditasi, berdoa, ataupun pergi ke spa , duduk duduk di taman menghirup udara segar selama 5 -30 menit akan menenangkan dan menyegarkan pikiran

6. Optimis 

     Optimislah pada pekerjaan yang sedang kamu dan tim-mu lakukan. Jika kita pesimis, maka keluaran pekerjaan kita pasti tidak optimal, namun ketika kita bersikap optimis, maka akan memompa semangat kita untuk melakukan semua yang terbaik dan percayalah hal hal baik akan datang .

7. Berani untuk berpikir non-konvensional 

     Ketika cara cara konvensional tidak bisa digunakan untuk mencapai hasil yang kamu inginkan, jangan takut untuk beralih dengan cara cara non-konvensional. Jangan takut untuk melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda dari biasanya.

8. Konsisten 

     Jika kamu berkata kamu akan melakukannya maka lakukan itu, kamu harus konsisten atas apa yang kamu katakan dan kamu perbuat maka orang lain akan melihat kekonsistenanmu sebagai sesuatu yang baik dan akan menjadi nilai lebih untuk kamu.

9. Berkolaborasi dengan orang lain 

    Dengan bekerja sama dengan orang lain, kamu akan memiliki pandangan dan masukan yang lebih untuk mengembangkan proyek kamu , misalnya photografer bekerjasama dengan penulis, fotografer akan mendapat inspirasi cerita dari penulis dan bisa membuat konsep fotonya menjadi suatu rangkaian cerita sesuai yang dituliskan oleh penulis.

10, Percaya bahwa kamu bisa 

      Satu kunci utama dalam mengerjakan sesuatu adalah kamu percaya bahwa dirimu dan tim-mu bisa melakukannya. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri dan siap positif dalam menyelesaikan proyek. Jika kamu mengikuti lomba fotografi, percayalah bahwa kamu adalah fotografer yang hebat dan kamu akan menjadi pemenang perlombaan itu , maka kamu akan berusaha sebaik mungkin untuk mencapainya.

11. Berani mengembangkan ide 

      Ide itu tidak muncul dalam semalam atau sehari, perlu waktu untuk mengembangkan dan meramu ide kita menjadi sesuatu yang bisa kita jual atau kita implementasikan. Dibutuhkan kesabaran dan niat belajar yang tinggi untuk merealisasikan ide dan membentuk ide itu selaras dengan tujuan proyek kita .

12. Berani berbeda 

       Jangan takut untuk berbeda . Mengikuti jejak dari proyek sebelumnya yang sudah berhasil tidak akan membawamu ke tempat yang ingin kamu tuju, jika kamu ingin meraih sesuatu , lakukan dengan caramu sendiri dan jangan takut untuk menjadi berbeda. 

13. Berani mempertahankan apa yang kamu percayai 

       Jika kamu memiliki sudut pandang dan yakin dengan cara yang kamu jalani sekarang bisa membawa kamu ke hasil yang memuaskan . Pertahankan itu … jangan goyah walaupun kamu tidak memiliki supporter yang banyak. Orang sukses selalu berani mempertahankan pendapat mereka

14. Berusaha semaksimal mungkin 

     Ketika mengejar suatu target atau menyelesaikan suatu proyek, orang sukses akan mengerahkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mencapai itu , Orang sukses akan berusaha 200 % untuk mencapai target mereka.  Memang banyak resiko dan kegagalan kegagalan pasti akan muncul . tapi dari kegagalan itu kita bisa belajar dan belajar bagaimana untuk mengatasi atau menghindari kegagalan yang sama tidak akan terulang. Jika kita tidak mencoba , mana kita tau  kita akan gagal atau berhasil kan?

15. Belajar dari kegagalan

      Melanjutkan dari no 14 . Orang sukses akan terus belajar dari kegagalan yang terjadi. Thomas Alfa Edison gagal membuat lampu 2000 kali dan berhasil ke 2001 kalinya .. Apabila dia menyerah pada percobaan ke 100, kita mungkin tidak mengenal lampu seperti saat ini . Let’s learn from our failure. mari belajar dari kegagalan. bagaimana cara menghindarinya, bagaimana cara mengatasinya , faktor apa yang menyebabkan kegagalan jadi kegagalan itu tidak terjadi lagi. 

 

Sekian dulu ya posting nya .. semoga bermanfaat.. oh ya . artikel ini disadur dan diambil dari lifehack.org dan keterangannya q tambahin seperlunya .

 

  

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s